Read Blog

Dampak Pencarian Semantik Terhadap SEO

Dampak Pencarian Semantik Terhadap SEO

Semantic search atau pencarian semantik merupakan sebuah istilah yang tentunya sudah wajar Mitra Algotech dengar kalau Anda sudah lama bergelut di dunia SEO. Tapi, kalau Mitra Algotech masih pemula, Anda bisa simak artikel berikut ini untuk memahami topik ini lebih lanjut. Selamat membaca!

 

Tentang Pencarian Semantik
Istilah pencarian semantik ini berkaitan dengan search engine (mesin pencari) seperti Google. Maksudnya, mesin akan berusaha seoptimalnya memahami bahasa alami dan keterkaitan antara sebuah kata kunci yang dimasukkan dengan histori pencarian pengguna pada mesin pencari yang dilakukan sebelumnya.
Masih cukup bingung? Coba simak contoh berikut ini. Misalnya Mitra Algotech memasukkan kata kunci jenis logo, dan sebelumnya Anda memasukkan kata kunci olshop – misal beberapa jam yang lalu atau kemarin – mesin pencari akan membaca bahwa kemungkinan yang Mitra Algotech inginkan adalah info tentang “jenis logo olshop”, dan bukannya jenis jenis logo klub bola dan sebagainya.


Contoh lainnya, misal Mitra Algotech memiliki riwayat bahwa Anda banyak melakukan pencarian tentang The Avengers, kemudian Mitra Algotech mengetikkan kata kunci “black widow”, mesin akan membaca bahwa kemungkinan besar informasi yang Anda inginkan adalah superhero Black Widow dan bukannya laba-laba black widow.


Dengan begitu, bisa Mitra Algotech simpulkan bahwa pencarian semantik ini akan membantu mesin pencari dalam menampilkan hasil pencarian yang informasinya lebih relevan untuk pengguna. Dan relevansi ini disesuaikan berdasarkan riwayat pencarian pengguna sebelumnya.
Di samping itu, saat ini pengguna juga sudah bisa melakukan pencarian menggunakan fitur voice search atau pencarian lewat suara. Lewat fitur ini, pengguna akan menggunakan bahasa natural atau bahasa sehari-hari ketika memasukkan kata kunci.


Adanya perkembangan ini membuat mesin pencari seperti Google dituntut agar mampu memahami apa tepatnya arti atau makna pada setiap kata, beserta maksud (intent) yang dimiliki pengguna. Dengan begitu, hasil pencarian yang disajikan akan tetap relevan, terlepas dari apakah kata kunci yang dimasukkan sesingkat “cara membuat logo olshop” atau lebih panjang lagi.


Pengaruh Pencarian Semantik bagi SEO
Bagi Anda yang bergelut di bidang SEO, tentu bisa dipastikan bahwa pencarian semantik sangat penting untuk dipahami. Sebab, konsep ini akan berdampak langsung pada konten untuk SEO serta peringkat website di mesin pencari.

Dan seiring dengan perkembangan di dunia SEO serta pengaruh dari pencarian semantik, bisa dibilang tidak ada strategi yang bersifat pakem atau mutlak untuk “menaklukkan” mesin pencari. Di samping itu, Mitra Algotech juga tak lagi bisa hanya mengandalkan SEO sebagai satu-satunya ujung tombak strategi marketing.
Justru agar SEO bisa berjalan efektif, Anda perlu mengintegrasikan atau menggabungkan SEO sebagai bagian dari strategi digital marketing suatu bisnis atau entitas. Dan strategi SEO ini juga harus dijalankan secara terus-menerus.


Di samping itu, ingat bahwa mesin pencari juga terus-menerus mengupayakan agar mampu menyajikan hasil penelusuran berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu trust (kepercayaan) dan relevance (relevansi). Keduanya dapat berasal dari backlink dari website dengan otoritas tinggi, konten berkualitas dan dengan readability tinggi, status media sosial, reputasi penulis, serta pengakuan dari individu dengan trust tinggi.


Adanya pencarian semantik sudah menimbulkan perubahan pada mekanisme SEO. Hasilnya adalah sebuah lingkungan pencarian di mana peringkat sangat dipengaruhi oleh otoritas, relevansi, dan sinyal kepercayaan. Hal ini bisa Anda mulai dengan membangun dan mengembangkan sebuah website yang bermanfaat lewat konten informatif dan berkualitas bagi audiensnya.

Untuk mendapatkan jasa SEO berkualitas, hubungi kami langsung lewat telepon atau WhatsApp di nomor 0812-6363-0666 sekarang juga yuk, Mitra Algotech!

 



Admin,


Komentar Anda


370


Hubungi Saya

Apakah Anda siap untuk bekerja sama?

Mari kita mulai sebuah Proyek! Hubungi Saya.

Saya sangat senang apabila perusahaan saya dapat bekerja sama dengan bisnis anda. Apabila anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi saya.

//